"Jadilah wanita umpama bunga dalam Kaca, tidak mudah didekati, hanya mereka yang benar-benar mampu dapat menyentuhnya."

Friday, July 1, 2011

:: ada suara da ::

alhamdullilah...selama beberapa hari aku kehilangan suara akhir suara aku kembali ada..tetapi masih lagi garau-garau..serak-serak sikit....

sehari selepas suara ok...aku cal mR hati..

mR hati : ayang ade suara da...rindu dengan suara ayang....lama tak dengar..
aku : kalau dok memerli kamu no satu....yekk
mR hati : betul la yang....
aku : pas ni tak yah makan ubat...
mR hati : belum baik sempurna kena makan juga..
aku : alaaaaaaaaa.........


aku ni bab makan ubat ni aduhai leceh nye la....



gejala serak ni berpunca dari....


Suara serak bukanlah suatu penyakit tapi merupakan suatu gejala dari penyakit, umumnya yang berhubungan dengan gangguan pita suara.
 

Ket : Nasal cavity (rongga hidung), Laryngeal cavity (rongga tenggorok), Vocal cords (pita suara), Trachea (saluran nafas), Esophagus (saluran makanan)
Gangguan pita suara dapat terjadi karena adanya infeksi / peradangan pada tenggorokkan, pemakaian suara yang berlebihan, pertumbuhan massa / tumor pada pita suara, gangguan saraf pita suara, trauma pada leher akibat benturan / pukulan dan infeksi paru-paru.
Penyebab paling sering umumnya adalah infeksi / peradangan pada tenggorokkan, biasanya karena infeksi saluran nafas atas.
Pemakaian suara yang berlebihan umumnya terjadi pada orang yang pekerjaan utamanya harus berbicara cukup lama, seperti guru, penyanyi, sales, umumnya disertai adanya infeksi / peradangan pada tenggorokkan.
Pengobatan yang utama adalah mengistirahatkan pita suara dengan tidak banyak berbicara dan pengobatan sesuai penyebabnya.
Yang perlu diwaspadai apabila suara serak lebih dari 4 minggu harus segera diperiksakan untuk menilai gangguan pada pita suara.




ok dan...da boleh karoke semula...hihi..


luv is cinta

No comments:

mai-mai tukar link